Rabu, 10 Maret 2010

Hewan Mahal

Tokek adalah hewan sejenis reptil yang hidup di hutan atau rumah termasuk ke dalam golongan cecak besar, suku Gekkonidae. Hewan ini memiliki nama ilmiah Gekko gecko (Linnaeus, 1758). Panjang rata-rata yang biasa ditemui yaitu 7cm-35cm. lingkungan hidup tokek biasanya di hutan, gunung, pohon, dan rumah.
Hewan melata yang menurutku tidak menarik sama sekali,
ternyata banyak dicari orang. Ada banyak orang yang berani menghargai hewan ini hingga ratusan juta rupiah. Tentunya tokek yang dicari bukan tokek biasa dan memiliki kriteria tertentu. Tokek yang dicari ialah tokek rumah atau tokek pohon, bukan tokek batu.

          Tokek batu                                      Tokek rumah/pohon




Tokek batu memiliki cakar pada kakinya dan kepalanya seperti kadal sedangkan tokek rumah/pohon memiliki kaki yang pipih dan bisa menempel pada tembok. Tokek yang diperjualbelikan biasanya memiliki berat minimal 2,5 ons. Berikut ini harga tokek dari pembeli berdasarkan beratnya :

• 250 gram - 299 gram 30 jt/ekor.
• 300gram - 349gram 150 jt/ekor.
• 350 gram-399 gram 1 M/ekor
• 4 ons up 750 jt/100 gram.

Tokek juga banyak diexport ke jepang, korea, cina dan lain-lain. Tokek yang diekspor memiliki berat antara 30gr-70gr untuk dijadikan bahan makanan seperti dendeng. Secara alamiah tokek membutuhkan waktu sekitar lebih dari 5 tahun untuk mencapai bobot 250gram.

Beberapa manfaat tokek antara lain bila dagingnya dikeringkan dapat dibuat kerupuk, daging tokek juga bisa mengobati kudis, koreng, penyakit kulit, empedunya dapat dijadikan obat dan rumor yang beredar bahwa lidah tokek dapat menyembuhkan HIV/AIDS.
“Yang berfungsi bisa mengobati AIDS pada tokek ini adalah terletak pada lidahnya. Namun itupun berat tokeknya harus di atas 3 ons dan masih keadaan hidup. Namun bagaimana caranya mengemasnya menjadi obat AIDS ini adalah pada penampung dan peramunya. Tokek ini di ekspor ke Thailand dan China. Mereka inilah yang mengolah menjadi obat, itulah info yang saya dapat,” kata Candra, salah satu agen tokek kepada okezone, Sabtu (14/3/2009).

Tim peneliti, yang dipimpin oleh Prof Wang dari Universitas Henan Cina, menunjukkan bahwa Gecko tidak hanya memperkuat kekebalan organisme, tetapi juga induksi apoptosis sel tumor dan peraturan bawah ekspresi protein VEGF dan bFGF sehingga bisa menghambat tumor meskipun mendukung energi yang sehat dan memperkuat daya tahan tubuh.

~Semoga Bermanfaat~

Sumber : tokekkers.blogspot.com, Wikipedia.com, okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar